Iklan Layanan Masyarakat
- Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.
Iklan layanan masyarakat (ILM) dapat dikampanyekan oleh organisasi profit atau non profit dengan tujuan sosial ekonomis yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kriteria iklan layanan masyarakat
Menurut dewan periklanan di Amerika Serikat yang mensponsori ILM ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menentukan sebuah iklan tertentu merupakan iklan layanan masyarakat atau bukan.
- Tidak komersil (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
- Tidak bersifat keagamaan.
- Tidak bersifat politis.
- Berwawasan nasional
- Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
- Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
- Dapat diiklankan.
- Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.
Di Indonesia tidak ada organisasi khusus yang dibentuk untuk menangani ILM. Pada umumnya ILM dibuat secara sendiri-sendiri oleh biro iklan yang bekerja sama dengan media dan pengiklan. Hal ini mengakibatkan kurangnya komitmen dan sinergi dalam merumuskan iklan, biaya, serta pesan yang ingin disampaikan sehingga ILM tidak dilakukan secara rutin. Selain itu ILM juga dikenakan pajak iklan, walalupun ruang dan waktunya disumbangkan oleh media.
Sejarah iklan layanan masyarakat[sunting | sunting sumber]
Di dunia[sunting | sunting sumber]
- Iklan layanan masyarakat secara resmi diperkenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat pada tahun 1942, ketika dibentuk The Advertising Council (Dewan Iklan). Pada saat itu Perang Dunia II telah mendorong terciptanya ahli-ahli komunikasi yang menggunakan bakat dan kemampuan mereka untuk memenangkan Perang Dunia II. Dewan iklan AS saat itu didirikan oleh American Association of Advertising Agency (4A), Associatin of national Advertiser (ANA), Magazine Publisers Associations (MPA), Newspaper Advertising Bureau (NAB), dan Outdoor Advertising Association (OAA).
- Setelah perang usai dan keadaan masyarakat telah berubah Dewan Iklan gencar melakukan iklan layanan masyarakat untuk memperbaiki sistem pendidikan dan promosi vaksin polio (1950), untuk mencegah bahaya polusi (1960), kampanye untuk bahaya penggunaan obat-obatan terlarang (1970-sekarang).
- Pada tahun 1989, Dewan Iklan Amerika Serikat menerima 300-400 permintaan dari berbaga pihak, organisasi nirlaba, atau pemerintah untuk mengkampanyekan masalah sosial. Dewan Iklan AS juga menerima sumbangan dari beberapa perusahaan senilai 1,9 juta dollar untuk hal ini.
Di Indonesia
- Pada tahun 1968, biro iklan Intervista menjadi biro iklan pertama yang mempelopori pembuatan ILM yang mengangkat masalah tentang pemasangan petasan yang sedang marak saat itu.
- Pada tahun 1974, Matari Ad membuat iklan yang mengangkat makna hubungan orang tua dan anak.
- Beberapa kampanye ILM yang dikenal luas di Indonesia diantaranya adalah kampanye tentang Keluarga Berencana, Aku Anak Sekolah*), Pemilu Visi Anak Bangsa.
- Pada Tahun 1970an, Iklan Matari Ad membuat ILM yang dapat dikenang sampai saat ini yaitu iklan "Renungan Bagi Orang Tua" mengangkat puisi Khalil Gibran.
- Pada tahun 2007, Laurier membuat ILM yang berisi tentang bahaya seks bebas pada usia remaja.
- Keterangan = AKU ANAK SEKOLAH (A2S) merupakan Organisasi yang dibentuk oleh Komite Pendidikan milik Pemerintah atau Swasta bertujuan untuk mengurangi Permasalahan dunia pendidikan di Indonesia.
1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok
Sama seperti ILM atau iklan layanan masyarakat tentang narkoba. ILM bahaya merokok biasanya menjelaskan tentang bahaya merokok dan zat- zat kimia yang terdapat dalam rokok. Selain itu juga terdapat slogan ajakan- ajakan untuk berhenti merokok. Seperti Stop Merokok!, Jauhi Rokok!, Matikan Rokok! dan lain lain.
Contoh Teks Kalimat Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Rokok
Mungkin menurut remaja merokok itu terlihat gaul, bagi sebagian wanita merokok adalah gaya hidup. Tapi apakah anda tahu apa yang terkandung dalam rokok? Terdapat lebih dari 4000 zat kimia yang berbeda.43 diantaranya diketahui sebagai penyebab KANKER.
Apakah anda akan tetap merokok????? atau… BERHENTI!! (iklan layanan GIS, depkominfo).
Mungkin menurut remaja merokok itu terlihat gaul, bagi sebagian wanita merokok adalah gaya hidup. Tapi apakah anda tahu apa yang terkandung dalam rokok? Terdapat lebih dari 4000 zat kimia yang berbeda.43 diantaranya diketahui sebagai penyebab KANKER.
Apakah anda akan tetap merokok????? atau… BERHENTI!! (iklan layanan GIS, depkominfo).
Setiap kali kamu menghisap rokok, rokok akan membunuhmu hidup hidup. Merokok merusak dan menghancurkan pelan pelan organ dan jaringan vital tubuhmu, jantung, paru- paru, mulut, gigi, tenggorokan dan otak… Berhenti merokok sekarang juga. Rokok Membunuhmu Hidup- Hidup!!.
2. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Kesehatan
dinkes.malangkota.go.id
Pembuatan iklan jenis ini bertujuan untuk mengingatkan atau memberitahukan masyarakat suatu informasi yang berhubungan dengan kesehatan. Berupa cara singkat mencegah suatu penyakit atau kegiatan penyuluhan kesehatan yang dilakukan pemerintah.
Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Kesehatan;
Anak harus diajak ngobrol dan bermain. Supaya dia mau makan 3x sehari, diselingi buah 2x
agar anak sehat dan tinggi. itu salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi (iklan layanan masyarakat posyandu).
agar anak sehat dan tinggi. itu salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi (iklan layanan masyarakat posyandu).
3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Makanan
Sebenarnya iklan jenis ini dapat dikategorikan Iklan layanan masyarakat kesehatan. Karena hal yang disampaikan tentu saja bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang informasi- informasi yang berkaitan dengan makanan. Baik itu yang baik atau yang buruk untuk kesehatan.
Contoh Kalimat Iklan, ILM Makanan;
Sayur dan buah dapat membuat tubuh sehat dan melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Sadarilah sedari dini manfaat mengonsumsi sayur dan buah untuk menuju keluarga sehat dan Indonesia sejahtera. sayur dan buah setiap hari. Sehat dan Cerdas . PASTII (Kementrian Kesehatan RI).
4. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya DBD

poster ILM | ismkmi.wordpress.com
Contoh Teks Iklan Layanan Masyarakat Bahaya DBD
Waspadalah terhadap cuaca yang tak menentu. kelmbapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sambil menyebarkan parasit ke darah. menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. IAkibat bila tak acuh pada dan lingkungan. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ada Disekitar Kita!!
5. Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan / Go Green

kslundip.wordpress.com
Contoh Teks Iklan Go Green
Ada tindakan yang lebih bijaksana. Daripada membuang sampah sembarangah, kita dapat memanfaatkan kembali botol bekas air mineral ini untuk dijadikan vas bunga, tempat pensil dan celengan. Kita harus mulai peduli tentang dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Semua dapat dilakukan dari hal yang kecil. “Reuse, Reduce, Recycle”. Bila masih sulit untuk melakukan hal ini. Mari kita mulai dengan membuang sampah pada tempatnya. (sumber; multimedia SMK sukawati Sragen).
Peran dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat
Apa itu iklan layanan masyarakat? Menurut Nuradi, pengertian Iklan Layanan Masyarakat adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh organisasi komersial maupun non komersial (pemerintah) untuk mencapai tujuan sosial atau sosio-ekonomis (terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat). Sedangkan menurut Crompton dan Lamb, Iklan Layanan Masyarakat adalah bentuk komunikasi visual yang disumbangkan oleh media untuk kepentingan masyarakat, yang berarti gratis.
Menurut Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), ILM adalah pesan komunikasi pemasaran untuk kepentingan publik tentang gagasan atau wacana untuk mengubah, memperbaiki atau meningkatkan sikap atau perilaku mereka. Produksi maupun penyiaran media ini sebagian atau seluruhnya dikelola dan atau didanai oleh pelaku periklanan.
Ada beberapa ciri ILM di antaranya yaitu: ILM mengangkat tema atau isu sosial yang berkembang dalam masyarakat. Pada media massa cetak seperti surat kabar, ILM biasanya berukuran besar sehingga menarik perhatian pembaca. ILM berupa himbauan, ajakan, atau informasi yang bersifat umum ditujukan kepada masyarakat luas. Ketika sebuah organisasi membuat ILM maka mereka dianggap mempunyai kepedulian yang lebih terhadap tema yang diangkat sehingga akan meningkatkan citra organisasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar